Keaktifan Pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila “Aku dan Verdi (Vegetable, Food, and Drink)”

Keaktifan Pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila “Aku dan Verdi (Vegetable, Food, and Drink)

Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila atau dikenal sebagai P5 merupakan bagian integral dari Kurikulum Merdeka yang bertujuan untuk memperkuat karakter dan kompetensi siswa sehingga sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Pada semester genap tahun 2024/2025 SMPN 2 Papar melaksanakan kegiatan P5 yang mengusung Tema Kewirausahaan “Aku dan Verdi (Vegetable, Food, and Drink)”. Tema tersebut dipilih karena sekolah kami menjadi sekolah Adiwiyata yang bertempat di daerah hijau terbukti dari masih banyaknya lahan pertanian disekitar sekolah. Melalui kegiatan proyek ini diharapkan peserta didik mampu membangkitkan sikap peduli lingkungan dan kreatif dalam memanfaatkan potensi daerahnya. Proyek P5 sendiri terdiri dari beberapa tahapan, yaitu tahapan pengenalan, kontekstualisasi, refleksi, dan tindak lanjut.

Proses kegiatan memasak siswa kelas 7 dan 8

(Doc. Sie Dokumentasi)

Kegiatan P5 yang dilaksanakan di SMPN 2 Papar dimulai dari pengenalan sayuran, menjelaskan pengolahan sayuran, membuat label produk usaha, membuat rencana usaha dan iklan produk. Memasak menjadi bagian sarana keaktifan dan kontekstualisasi dalam kegiatan P5 karena peserta didik mendapat pengalaman membuat suatu produk olahan sayuran, perasaan menyenangkan dan berharga. Selain itu, kegiatan memasak proyek kewirausahaan dalam P5 dapat menjadi cara yang efektif untuk mengembangkan keterampilan peserta didik dalam beberapa aspek, seperti:

1. Kreativitas : Siswa dapat mengembangkan resep baru atau memodifikasi resep yang sudah ada berbahan dasar sayuran.
2. Kewirausahaan : Siswa belajar tentang konsep bisnis, pengelolaan keuangan, dan pemasaran produk.
3. Keterampilan hidup : Siswa memperoleh keterampilan memasak yang praktis dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dengan memanfaatkan sayuran.

Kegiatan memasak dilaksanakan dengan dua tahap, tahap pertama dilakukan oleh kelas 7 pada hari sabtu tanggal 19 Mei 2025 dan tahap kedua kelas 8 hari senin tanggal 20 Mei 2025. Kegiatan ini berjalan dengan lancar dan aman. Peserta didik sangat menikmati kegiatan sebab keterampilan kerja sama tim, komunikasi, dan manajemen waktu diterapkan secara baik oleh peserta didik.

Berikut dokumentasi kegiatan.

(Doc. Sie Dokumentasi) (Doc. Sie Dokumentasi)  (Doc. Sie Dokumentasi)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kabar Sekolah Lainnya

Pengumuman

PRESTASI ALUMNI SMP NEGERI 2 PAPAR
PRESTASI ALUMNI SMP NEGERI 2 PAPAR

Prestasi

Jumbara
Lomba Tari
Nikmati Cara Mudah dan Menyenangkan Ketika Membaca Buku, Update Informasi Sekolah Hanya Dalam Genggaman
Nikmati Cara Mudah dan Menyenangkan Ketika Membaca Buku, Update Informasi Sekolah Hanya Dalam Genggaman