Pembukaan kegiatan Panen Karya P5 oleh Kepala SMPN 2 Papar. (Doc.Tim T.I)
Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang kita kenal sejak dibumikannya Kurikulum Merdeka bertujuan untuk mengembangkan karakter siswa sesuai dengan nilai-nilai Pancasila melalui pembelajaran berbasis proyek. Pendekatan pembelajaran berbasis proyek ini sesuai dengan tujuan P5 karena melalui pembelajaran berbasis proyek, siswa terlibat aktif dan dapat mengembangkan ketrampilan sosial, emosional maupun intelektual mereka.
Kewirausahaan
Pada semester ini, Tim P5 SMPN 2 Papar memilih Kewirausahaan sebagai tema kegiatan P5. Melalui proyek kewirausahaan, kemampuan siswa diasah untuk memahami berbagai hal antara lain adalah:
- Kemampuan memahami bahan yang akan diolah menjadi produk
- Peka melihat peluang pasar
- Mengenal sekaligus melakukan pengemasan produk yang tidak bisa diabaikan perannya dalam pemasaran produk.
- Menghitung BEP penjualan produk
- Bergotong-royong dan bersinergi dalam mewujudkan tujuan bersama
- Mengasah kreativitas siswa
- Mengajarkan keberanian untuk menerima resiko dalam pengambilan keputusan



Semarak pasar vegetable food and drink Aeropa. (Doc. Tim T.I.)
Aku dan VERDI
VERDI adalah akronim dari Vegetable Food and Drink. Mengapa VERDI? Pada era sekarang, semakin marak pola makan tidak sehat di kalangan anak-anak dan remaja. Jenis makanan cepat saji dan makanan rendah serat mendominasi menu makanan mereka. Tentu saja hal ini membawa dampak negatif bagi kesehatan dan melemahkan investasi sumber daya manusia untuk jangka panjang.
Melalui kegiatan kewirausahaan yang memproduksi makanan dan minuman berbahan dasar sayuran, maka diharapkan siswa dapat menerima edukasi tentang pentingnya mengonsumsi sayuran dengan cara yang lebih familiar dan menyenangkan. Selain itu siswa diajak untuk berfikir dan memahami bahwa kesehatan adalah aset mereka dan juga aset bangsa untuk masa depan.
*******





