Jakarta – Membaca adalah aktivitas bermanfaat untuk menambah wawasan baru. Namun, terkadang siswa merasa bosan saat membaca buku.
Padahal membaca bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan jika siswa tahu tekniknya. Salah satu metode yang bisa membuat siswa tak mudah bosan membaca adalah SQ3R.
Apa itu metode SQ3R? Mengutip laman Direktorat SMP Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah metode ini dikenalkan Francis P Robinson dari Universitas Ohio, Amerika Serikat pada tahun 1941.
1. Peninjauan Awal (Survey)
Survey adalah langkah pertama dalam teknik membaca SQ3R. Artinya siswa mengidentifikasi keseluruhan teks sebelum membacanya lebih jauh.
Tahap survey berguna untuk mengetahui gambaran awal soal isi buku. Dengan begitu, siswa dapat membaca secara lebih efektif.
Cara melakukan peninjauan awal bisa dilakukan dengan melihat tentang penulis, tahun penerbitan buku, sinopsis/ringkasan buku, daftar isi atau lampiran.
2. Membuat Pertanyaan (Question)
Langkah berikutnya adalah membuat pertanyaan. Siswa merumuskan daftar pertanyaan yang berkaitan dengan isi buku bacaan.
Pertanyaan bisa merujuk berupa”apa”, “kapan”, “siapa”, “di mana”, dan “mengapa”. Dengan membuat pertanyaan, siswa dapat terpicu untuk ingin lebih tahu dengan isi teks.
3. Membaca (Read)
Pada tahap membaca ini, siswa secara aktif menemukan jawaban atas pertanyaan yang tadi dibuat. Dengan adanya pertanyaan tersebut, siswa diharapkan dapat memahami ide pokok dari teks.
Tak perlu terburu-buru, siswa boleh melakukannya dengan santai agar jawaban dipahami dengan baik. Perlu diperhatikan, dalam tahap ini pembaca lebih baik menghindari dan selektif terhadap bacaan yang tidak terlalu penting.
4. Mengulang Informasi (Recite)
Recite atau recall artinya mengulang atau mengingat kembali. Siswa akan berhenti sejenak usai membaca bagian yang merupakan jawaban dari pertanyaan.
Tujuan recite atau recall adalah untuk memperkuat pemahaman dan ingatan terhadap materi yang sudah dibaca. Selain mengucap ulang jawaban, siswa juga dapat membuat catatan ringkas agar jawaban lebih diingat.
5. Membaca Kembali (Review)
Tahap terakhir adalah review atau peninjauan ulang. Pada langkah terakhir ini siswa harus mengulas kembali seluruh jawaban atas pertanyaan yang sudah disusun.
Mengulas kembali dapat membuat informasi semakin diingat. Untuk mengingat informasi dari jawaban itu, siswa bisa membaca judul dan subjudul dari ulasan.
Sumber
https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-7851892/mengenal-sq3r-metode-membaca-anti-bosan-bikin-siswa-makin-cerdas